Cegukan? hik! kenapa bisa?

download

Hi All🙂

BTW, siang ini Heffy cegukan, lumayan lama juga sih. mana Heffy lagi asyik-asyiknya nyanyi, eh, hak-hik-hak-hik sendiri. kan sebel –”

Terus, yang jadi pertanyaan Heffy, kenapa ya, kita bisa cegukan?

Cegukan terjadi ketika ada rangsangan pada syaraf. Syaraf ini tersambung pada diafragma sehingga membuat diafragma mengerut dengan sendirinya. Akibatnya, seseorang mengambil nafas dengan cepat ke paru-paru. Udara tersebut kemudian menyebabkan celah suara terletak pada kotak suara, tertutup sesaat. nah, itulah yang menimbulkan suara hik-hik. 

Tahu nggak? cegukan itu sudah kita alami sejak bayi, lo😛

Bayi-bayi dalam rahim, juga cegukan. tapi fungsinya bagus, yaitu untuk menguatkan diafragma (itulo, otot/membran yg misahin paru-paru dan perut). dengan kata lain, membantu bayi/janin belajar nafas. tapi kalau sekarang sih, nggak berguna dong. malah bikin ‘uh’.

Kita bisa cegukan kalau pas lagi sedih banget, habis tertawa terpingkal-pingkal, habis makan yang pedesnya keterlaluan, makan makanan panas dan lain-lain.

yang serem nih, terlalu banyak alkohol, stroke, masalah pencernaan hingga tumor otak! hiy😛

Kalau kita cegukan? gimana cara nyembuhinnya?

Simpel. biasanya kalau cegukan, Ibu suruh kita minum air putih. ada juga yang minumnya sambil tahan napas. kalau di kartun-kartun, biasanya dikagetin. emang iya? wah, bisa juga loh!

sebetulnya, tahan napas selama mungkin juga bisa ngilangin cegukan. praktis&instan.

Kalau nggak berhasil, coba minum air putih hangat. atau menghisap jeruk segar.

Wah, wah. simpel ya? oke deh, semoga bermanfaat ya!!!

Makasih udah baca.

Sumber: segala sumber🙂

Categories: Info, berita | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: